Daun Zaitun Si Penyelamat Jantung

Senin, 06 Juni 2011

image
Pil yang dibuat dari ekstrak daun zaitun dapat menjadi senjata ampuh dalam melawan penyakit jantung. Bahkan hasilnya seefektif beberapa obat resep dokter penurun tekanan darah tinggi.
Penelitian yang dilakukan Universitas Indonesia, Depok pada 180 pasien dengan tekanan darah tinggi menunjukkan adanya perlindungan terhadap jantung.

Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok mendapatkan pil ekstrak daun zaitun dan kelompok lainnya mendapat obat antihipertensi yang disebut captopril, selama delapan minggu. Captoril ini memberikan efek samping pusing.

Hasilnya didapatkan adanya penurunan tekanan darah sistolik sebesar 11,5 poin untuk kelompok daun zaitun dan 13,7 poin untuk pasien captoril. Sedangakan tekanan darah diastolik turun 4,8 poin untuk pengguna daun zaitun dan 6,4 poin untuk captoril.

Mereka yang mendapatkan pengobatan ekstrak zaitun juga memperlihatkan penurunan yang signifikan tingkat trigliserida. Trigliserida memang dikaitkan dengan lemak darah berbahaya yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Profesor peneliti, Endang Susalit mengatakan daun-daun pohon zaitun memang telah digunakan sejak zaman kuno untuk memerangi tekanan darah tinggi, atherosclerosis dan diabetes.

Ditambah beberapa tahun terakhir penelitian bisa menunjukkan kalau minyak zaitun dapat melindungi jantung dengan mengurangi penumpukan lemak di dalam arteri koroner.

Zaitun juga sudah dirokemendasikan dalam penurunan risiko kanker payudara, ulcerative colitis dan depresi. Diduga daun buah zaitun ini memiliki tingkat senyawa yang disebut polifenol yang mampu menangkal penyakit.

"Kegiatan antihipertensi dari ekstrak zaitun sebanding dengan captopril, dan efek menguntungkan lainnya dalam menurunkan kadar trigliserida adalah indikasi kuat," ujar Endang.(tam)

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Label

Label

Labels